banner image

Kerjasama Undip - Pemkot Semarang Lawan Covid-19

 


Melihat penyebaran kasus Covid-19 yang terus meningkat di Kota Semarang, Undip dan Pemkot Kota Semarang berusaha menjalin kerjasama untuk mengatasi pandemi ini. Kerjasama ditandatangani pada 16 september 2020. Undip memberikan sumbangsihnya terkait penelitian dan pengembangan untuk menurunkan penyebaran covid-19.

Plt Wakil Rektor Komunikasi dan Bisnis Undip, Dwi Cahyo Utomo mengatakan, harapan dari hasil kerjasama antara Undip dengan Pemokot bisa berjalan dengan baik. Salah satu kerja samanya adalah Undip memberikan robot pelayanan masyarakat yang ditempatkan di kantor Wali Kota Semarang. "Kita juga berikan perpustakaan Daerah, Pelayanan Terpadu Satu Pintu kota Semarang dan juga Zeta Green yang berfungsi menyerap udara kotor, membunuh bakteri dan virus yang akan sangat membantu percepatan penanganaan pandemi Covid di kota Semarang," kata Dwi Cahyo dalam keterangan resminya, melansir laman Undip, Selasa (15/9/2020). Menurut dia, robot yang diberikan berbentuk robot medis. Nantinya robot itu berfungsi mengurangi kontak antara tenaga medis dengan pasien Covid-19. Adapun robot yang dibangun pernah menangani wisuda, robot itu digunakan saat wisuda online untuk menggantikan kehadiran fisik wisudawan wisudawati, sebagai bagian dari upaya mencegah penyebaran Covid-19. "Sedangkan Zeta Green merupakan produk dari Teaching Industry Universitas Diponegoro dan Dipo Technology," jelas dia.

Kemduaian sumbangsih yag diberikan oleh Pemkot berupa dana hibah yang digunakan untuk penelitian. Tujuan penitian ini untuk lebih menyempurnakan fungsi robot-robot isu sesuai dengan kebutuhan. "Kami pemerintah kota Semarang, membutuhkan robot pelayan masyarakat di mana robot ini untuk melayani masyarakat yang ingin menemui wali kota, misalnya mengantarkan surat dari warga untuk walikota. Jadi tidak ada tatap muka langsung tetapi diwakili oleh robot dan komunikasinya melalui layar pada robot. Ini salah satu bagian dari upaya pencegahan Covid," tegas Hendrar.

Kerjasama Undip - Pemkot Semarang Lawan Covid-19 Kerjasama Undip - Pemkot Semarang Lawan Covid-19 Reviewed by Fauzi Mustofa on Desember 28, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.