banner image

Lawan Covid! 2021 Undip Gelar Perkuliahan Secara Daring

 


Kasus covid-19 yang terus meningkat menyebabkan Undip mengambil keputusan untuk tetap menjalankan perkuliahan secara daring. Hal ini dilakukan setelah mendengar berbagai masukan dari berbagai pihak. Perkuliahan online pada 2021 resmi dilakukan secara daring. Namun mahasiswa yang memiliki kpentingan yang bersifat uergent masih bisa melakukannya di kampus. Seperti praktiku, dan mahasiswa yang menjelang lulus bisa melakukan kegiatan tatap muka dengan protoko kesehatan yang ketat.

Menurut Wakil Rektor (WR) I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof Budi Setiyono PhD penyelenggaraan perkuliahan daring masih seperti semester sebelumnya. Ada pengecualian untuk mahasiswa yang harus praktikum, dan yang menjelang lulus bisa dilakukan secara tatap muka. Namun kegiatan itu pun dilakukan dengan protokol kesehatan dengan pengawasan ketat, di samping ada syarat izin dari orang tua dan dosen pengampu. Syarat lainnya adalah mahasiswa yang berkegiatan secara luring dalam kondisi sehat.

Dia menegaskan, pilihan secara daring utamanya mempertimbangkan keselamatan mahasiswa dan juga dosen. Penyebaran Covid-19 yang masih belum bisa diprediksi, membuat pilihan itu harus diambil kembali meski kebijakan tersebut sudah dilakukan sejak semester lalu.

Sebelumnya, Dekan Fakultas Psikologi Undip mengingatkan bahwa proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) maupun penerapan work from home sebagai implementasi social distancing potensial menyebabkan gangguan psikologis. Terjadinya pandemi Covid-19 yang menuntut terjadinya perubahan perilaku di masyarakat, bisa menyebabkan gangguan psikologis yang serius dan mengancam produktivitas masyarakat. Karena itu, perlu perhatian khusus agar potensi gangguan psikologis bisa diminimalisasi.

Menanggapi hal itu, Warek 1 Undip menyatakan lembaga memperhatikan hal itu. Pihak universitas bahkan sudah melakukan antisipasi kualitas yang dihasilkan tetap terjaga meski perkuliahan dilakukan secara daring. Undip sudah menyiapkan studio di Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LP2MP) untuk mengembangkan model perkuliahan daring dan mendokumentasikan materi perkuliahan agar bisa diakses ulang oleh mahasiswa untuk pendalaman.

Lawan Covid! 2021 Undip Gelar Perkuliahan Secara Daring Lawan Covid! 2021 Undip Gelar Perkuliahan Secara Daring Reviewed by Fauzi Mustofa on Desember 28, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.