banner image

Gencarkan Produk UMKM dengan Teknologi : Tim Pengmas Undip Promosikan Kopi Gulirang



Saat ini bangsa Indonesia sudah mulai menggencarkan kampanye penggunaan produk dalam negeri. Mencintai produk dalam negeri adalah salah satu bukti kecintaan terhadap bangsa sendiri. Kita bisa memulai untuk menggunakan produk dari hal-hal yang setiap hari kita pakai atau konsumsi. Seperti pakaian, teknologi, hingga pangan hasil olahan pertanian.

 

Kopi adalah salah satu produk yang memilki ciri khas berbeda di setiap daerah di Indonesia. Sebut saja kopi Gulirang, kopi Gayo, kopi Lapung, kopi Lerep dan masih banyak yang lainnya. Di Kabupaten Pemalang, terdapat Kopi Gulirang yang sangat terkenal di dalam negeri. Untuk itu sangat perlu dukungan dari berbagai pihak, salah satunya dari pihak UniversitasDiponegoro.

 

Sebagai bukti nyata kepedulian Undip kepada masyarakat, Undip mengirim Tim Pengabdian masyarakat yang terdiri dari 4 orang ke Desa Gunungsari Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang. Tim terdiri dari Dr. Heni Rizqiati, S.Pt, M.Si, Fahmi Arifan, S.T, M.Eng, drh. Siti Susanti, Ph.D. dan Ir. Murni M.T. Tim tersebut mencoba mengembangkan teknologi tepat guna berupa alat pengupas kulit tanduk kopi. Melalui program yang bernama Iptek Desa Binaan Undip (IDBU). Dengan adanya alat ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas biji kopi.

 

Dr. Heni Rizqiati, S.Pt, M.S selaku ketua tim pengabdian di Pemalang, Selasa (1/12/2020), mengatakan “Penerapan teknologi tepat guna ini merupakan bentuk bantuan dari Undip kepada petani kopi desa Gunungsari dengan tujuan meningkatkan produktifitas pasca panen dalam pengolahan kopi Gurilang. Dengan dukungan dari Universitas Diponegoro kami bekerjasama dengan mitra dan petani desa Gunungsari,"

 

Alat ini dapat membantu pengupasan kulit tanduk kopi ini dapat mempecepat lamanya proses pengupasan kulit buah kopi. Apabila dilakukan secara manual membutuhkan waktu yang cukup lama dan tenaga yang lebih besar untuk memutar alat secara manual. Jika proses pengupasan terlalu lama dikhawatirkan buah akan membusuk sebelum diolah.

Gencarkan Produk UMKM dengan Teknologi : Tim Pengmas Undip Promosikan Kopi Gulirang Gencarkan Produk UMKM dengan Teknologi : Tim Pengmas Undip Promosikan Kopi Gulirang Reviewed by Fauzi Mustofa on Desember 01, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.