banner image

Universitas Diponegoro Menggalakkan Bisnis Sejak dari Kampus

Kewirausahaan sangat ditekankan dimiliki oleh mahasiswa Universitas Diponegoro. Untuk mendukung hal ini Undip bekerja sama dengan banyak instansi, salah satunya dengan SMART Project dan ERASMUS+.  Dimana adalah bentuk kolaborasi antara bisnis dan kampus. Menurut Prof Ambariyanto, M.Sc kegiatan penelitian yang didanai oleh Erasmus+ untuk menguatkan Capacity Building pada High Education Institution (HEI). Program yang dijalankan adalah enterpreneurship. Yang sangat mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/ Sustainable Development Goals nomor 1 dan 4.  Kerja sama ini juga dilakukan oleh universitas swasta dan negeri, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Perguruan tinggi tersebut meliputi Universitas Diponegoro (Undip), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Udayana (Unud), Universitas Mataram (Unram), Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Institut Teknologi Kalimantan (ITK), serta Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) dan terdapat tiga perguruan tinggi Eropa yang terdiri atas Alma Mater Studiorum Università di Bologna (UNIBO), Italia, Agora Institute for Knowledge Management (AGORA) di Alicante, Spanyol serta University of Turku (UTU) di Turku, Finlandia.

Latar belakang SMART Project adalah adanya hubungan bisnis-universitas yang dolid pada pertumbuhan soisal-ekonomi secara luas pada Strategi Eropa 2020. Hal ini sangat penting karena di Eropa hubungan yang kuat antara Universitas dan Bisnis juga sedang meningkat. Hal ini menjadi bukti bahwa kebutuhan ktitis akan model dan praktik yang baik diperlukan dalam menciptakan strategi dan instrumen pada domain ini. Kerja sama tersebut dapat mengintegrasikan pelajaran yang dipetik di Eropa ke dalam konteks Partner Country (PC) yang merupakan target dari aksi awal SMART Project. Proyek ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan personel HEI Indonesia untuk pelaksanaan kerja sama bisnis-universitas yang produktif. Kedepan diharapkan adanya bisnis-bisnis baru yang bermunculan sehingga membangun perekonomian dan menghindari overlap bisnis di Indonesia. Saat ini bisnis bisa dimulai sejak di kampus. Nantinya akan membantu mengatasi kemiskinan dan meningkatkan edukasi dalam menjalankan bisnis rintisan atau startup.

Universitas Diponegoro Menggalakkan Bisnis Sejak dari Kampus Universitas Diponegoro Menggalakkan Bisnis Sejak dari Kampus Reviewed by Fauzi Mustofa on November 11, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.